Peran dan Kegunaan Teknologi Near Field Communication (NFC)

Peran dan Kegunaan Teknologi Near Field Communication (NFC)
Diterbitkan: 14-07-2022 | Oleh: BLC Admin

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami kemajuan hingga saat ini. Bahkan smartphone zaman sekarang juga semakin dilengkapi dengan teknologi terkini seperti NFC. Kira-kira sudah tau belum apa itu NFC lur? Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan segala fitur NFC. Tetapi, masih banyak juga pengguna smartphone yang belum tahu apa itu NFC. Tenang lur, kali ini kita akan membahas apa itu NFC, fungsi, dan cara kerjanya.

Apa sih NFC itu?

NFC sendiri adalah singkatan dari Near Field Communication atau komunikasi jarak dekat. Fitur ini pertama kali dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983. Sederhananya, NFC adalah protokol komunikasi jarak dekat, sehingga membutuhkan 2 perangkat untuk saling tersambung dan bertukar data. Teknologi NFC dikembangkan dari RFID (Radio Frequency Identification) lho lur. Namun, antena yang digunakan NFC lebih pendek daripada gelombang sinyal operator untuk mencegah adanya intervensi.

Lalu fungsinya apa saja ? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menghubungkan Perangkat

Fungsi utama NFC pada smartphone adalah untuk menghubungkan dua perangkat secara dua arah serta menerima dan mengirim informasi. Berbeda dengan Bluetooth, untuk menggunakan NFC dulur tidak perlu repot-repot memasangkan perangkat terlebih dahulu. Praktisnya, dulur bisa langsung menghubungkan smartphone dulur ke wireless router, headset, speaker ataupun perangkat lainnya yang sudah dilengkapi NFC.

2. Mengecek Saldo Elektronik

NFC juga dapat terhubung dengan perangkat pasif seperti kartu e-money (uang elektronik) lho lur. Dulur bisa menggunakan NFC untuk mengecek sekaligus mengisi saldo e-money. Caranya cukup mudah lho, dulur hanya perlu mengunduh aplikasi cek saldo, kemudian tempelkan kartu e-money ke bagian depan/belakang smartphone dulur dan saldo kartu akan ditampilkan di layar smartphone dulur.

3. Transaksi Cashless (Non Tunai)

Saat ini istilah cashless semakin sering digunakan karena lebih praktis. Selain praktis, dulur hanya perlu melakukan pemindaian dengan mendekatkan smartphone dulur ke alat pembayaran dan tekan tombol bayar. Beberapa pembayaran yang memanfaatkan fitur NFC diantaranya seperti Samsung Pay, Google Pay dan Apple Pay. Namun, saat ini di Indonesia fitur pembayaran dengan memanfaatkan NFC masih belum banyak digunakan.

4. Transfer Data

Salah satu kegunaan NFC adalah untuk mentransfer data seperti foto, video, dokumen atau file lainnya tanpa harus melakukan proses pemasangan perangkat (pairing). Namun ternyata transfer data menggunakan NFC ada kekurangannya lur, yaitu kecepatan transfernya lebih lambat dibandingkan dengan transfer data menggunakan Bluetooth.

5. NFC Tag

NFC Tag merupakan stiker atau tag yang terdapat NFC chip di dalamnya. Biasanya tag ini berisikan alamat web ataupun aktivitas tertentu yang ada di smartphone dulur. NFC tag sendiri sudah dimanfaatkan pada toko-toko ataupun perusahaan untuk menunjukkan detail harga dan barang. Bagaimana? Keren kan?

6. Berbagi Koneksi Wifi

Biasanya, dulur akan diminta untuk memasukkan kata sandi ketika ingin menggunakan Wifi di tempat umum bukan? Dengan menggunakan teknologi NFC, dulur tidak perlu lagi melalui proses tersebut. Di beberapa tempat seperti hotel, sudah tersedia alat berupa Wifi porter yang dapat digunakan pengunjung untuk terhubung dengan jaringan Wifi yang tersedia. Pengunjung hanya perlu untuk mendekatkan smartphone ke Wifi porter dan tidak perlu repot untuk memasukkan kata sandi. Jangan lupa untuk pastikan NFC mu sudah aktif ya lur!

Cara Mengaktifkan NFC

Meskipun di smartphone dulur terdapat fitur NFC, belum tentu di smartphone lainnya juga memiliki fitur NFC lur. Untuk mengetahui apakah smartphone dulur terdapat fitur NFC, dulur bisa mencari spesifikasi smartphone dulur di internet atau mencari di pengaturan smartphone masing-masing dengan kata kunci “NFC”. Jika terdapat fitur NFC, dulur tinggal mengaktifkannya untuk dapat digunakan sesuai kebutuhan. Berikut ini cara mengaktifkan NFC di smartphone untuk semua merek.

  • Masuk ke menu pengaturan atau Settings
  • Pilih Wireless & Network, connections, atau More Settings
  • Lalu pilih On untuk mengaktifkan fitur NFC

Itu dia lur beberapa informasi mengenai NFC yang perlu dulur ketahui. Meskipun NFC belum populer di Indonesia, setidaknya dulur sudah tau fitur-fitur NFC apa saja.

Selamat mencoba ya lur!

 

Refrensi :

Kategori:
Teknologi
Bagikan artikel: