Tokoh dan Sejarah Perkembangan Komputer

Tokoh dan Sejarah Perkembangan Komputer
Diterbitkan: 16-03-2022 | Oleh: BLC Admin

Di era yang semakin canggih ini, dulur pasti familiar dengan perangkat komputer bukan? Saat ini, hampir di seluruh dunia telah beredar berbagai tipe komputer beserta dengan berbagai kecanggihannya. Begitu banyak manfaat yang telah diberikan oleh perangkat yang satu ini. Tapi apakah dulur tahu siapa yang pertama kali menemukan komputer? Bagaimana bentuk komputer ketika pertama kali dibuat? Yuk, simak cerita singkatnya berikut!

Kemunculan Pertama Komputer

satu

Dalam perkembangannya, komputer tidak serta merta diciptakan dalam keadaan yang canggih seperti saat ini lur. Salah satu tokoh yang berjasa dalam perkembangan komputer adalah Charles Babbage. Hal ini bermula dari rasa keingintahuan Charles Babbage untuk memecahkan perhitungan matematika dengan lebih cepat. Diawali dengan pembuatan mesin hitung kecil yang sederhana, kemudian dengan bantuan pemerintah Inggris maka pada tahun 1823, Charles Babbage pun telah menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka. Mesin hitung bertenaga uap tersebut kemudian diberi nama “Different Engine 0” dan mesin inilah yang disebut sebagai komputer pertama di dunia lur.

dua

Tidak hanya sampai disini, Charles Babbage kembali mengembangkan Analytical Engine, yaitu mesin yang dapat menyimpan 1.000 angka dalam 50 digit. Dimana pada mesin baru ini memiliki mesin input, pemrosesan (sejenis CPU di masa itu), memori penyimpanan data, dan konsep pencetakan data. Nah, mesin ini lur yang akhirnya menjadi cikal bakal terciptanya komputer digital.

Menuju Awal Komputer Digital

Dengan seiring berjalannya waktu, mesin dan konsep perhitungan Charles Babbage pun banyak dijadikan acuan oleh para ilmuan lain yang tertarik untuk mempelajari dan mengembangkan teknologi baru di masa itu, hingga terjadi perkembangan mesin Analytical Engine ini digiring untuk menjadi mesin yang lebih canggih.

tiga

Ada Lovelace adalah salah satu ilmuan yang berkesempatan untuk menerjemahkan konsep Analytical Engine ke Bahasa Perancis bersama dengan insinyur dan matematikawan Italia, Luigi Federico Menabrea. Dari hasil pemikiran tersebut, Lovelace menjelaskan bahwa potensi mesin Babbage untuk mengerjakan perhitungan rumit dan potensi mesin Babbage dalam memproses hal selain dalam bentuk angka, seperti huruf alfabet.

empat

Sekitar pada tahun 1890, seorang ilmuwan bernama Herman Hollerith merancang sebuah sistem kartu yang mampu menghitung hasil sensus Amerika yang dilakukan pada tahun 1880. Berkat sistem kartu tersebut, Hollerith berhasil menghemat anggaran pemerintah dan terus mengembangkan potensinya dalam ranah teknologi hingga akhirnya sukses mendirikan perusahaan komputer yang dikenal dengan IBM.

Awal Kemunculan Komputer Digital

Mesin-mesin yang pada awal ditemukannya itu adalah mesin yang disebut dengan komputer pertama, mesin yang masih terbatas pada perhitungan komputer saja. Hasil pemikiran yang pernah dikemukakan oleh Lovelace sebelumnya, bahwa ada potensi bagi mesin Analytical Engine untuk dapat memproses hal lain selain angka. Hal ini terwujudkan pada tahun 1936, Alan Turing membuat sebuah konsep penelitian tentang sebuah mesin yang dapat menjawab semua pertanyaan, bahkan bukan yang berkaitan dengan hitungan aritmatika.

lima

The Universal Turing Machine dapat menerjemahkan berbagai persoalan ke dalam logika dan huruf. Mesin buatan Alan Turing telah mampu menjawab kode Enigma (simbol yang digunakan militer Jerman dalam berkomunikasi saat Perang Dunia II). Sistem kerja mesin Turing ini mampu membaca strategi perang yang direncanakan dan berdampak pada keselamatan ribuan jiwa saat perang sedang berlangsung.

enam

Selain Alan Turing, pada tahun yang sama pula seorang insinyur asal Jerman, Konrad Zuse, menciptakan sebuah mesin yang terprogram secara lebih modern. Kontribusi Zuse “Plankalkul(Plan Calculus) menjadi cikal bakal dari bahasa pemrograman. Dalam sistem ini, mesin dapat menerjemahkan konsep logika “dan, atau, tidak sama dengan”.

tujuh

Masa Perang Dunia II adalah masa dimana perkembangan teknologi komputasi banyak dipelajari serta dilakukan berbagai macam perkembangan di seluruh belahan dunia. Pada kisaran tahun 1943, John Mauchly berhasil menciptakan mesin bernama Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). ENIAC adalah mesin yang dibekali dengan kemampuan analisa yang dapat menghitung ribuan masalah dalam hitungan detik. Mesin ini sengaja diciptakan untuk membantu Angkatan Darat dalam memprediksi serangan. ENIAC sendiri memiliki berat hingga 30 ton dan membutuhkan ruang seluas 457 meter persegi untuk menempatkan komputer tersebut.

Lahirnya Bahasa Pemrograman

delapan

Bahasa pemrograman pertama kali dicetuskan oleh Grace Hopper pada tahun 1954. Bahasa pemrograman bernama COBOL hadir untuk membantu pengguna komputer dalam menyampaikan perintah kedalam bahasa Inggris. COBOL diyakini sebagai bahasa pemrograman pertama yang mampu dipahami dengan bahasa manusia, sebab sebelumnya, pengguna komputer hanya dapat memberikan instruksi pada komputer menggunakan kumpulan baris angka. Sejak saat itu, bahasa pemrograman kemudian ikut berkembang pula seiring dengan evolusi yang terjadi pada komputer.

sembilan

Pada tahun yang sama, John Backus memimpin tim pemrograman IBM untuk membuat bahasa pemrograman baru bernama FORTRAN. Sebagai salah satu perusahaan yang fokus pada teknologi, IBM turut terus berinovasi dan menciptakan perangkat bernama IBM 650. Hingga pada tahun 1965, komputer semakin berkembang dan banyak digunakan sebagai alat penunjang para ahli matematika dan insinyur hingga masyarakat umum.

sepuluh

Komputer yang beredar pada masa itu memiliki nama Programma 101 yang memiliki ukuran jauh lebih ringkas dari komputer digital yang pertama yaitu ENIAC. Programma 101 memiliki ukuran sebesar mesin tik, bobot seberat 29 kg, dan sudah dilengkapi dengan printer bawaan.

Dengan diciptakannya bahasa pemrograman dalam bahasa yang dapat dipahami manusia, maka semakin berjalannya waktu perkembangan komputer juga berkembang menjadi lebih pesat. Mulai dari desain perangkat keras komputer yang dahulu begitu besar dan butuh ruang yang banyak, maka seiring perkembangannya, perangkat keras komputer menjadi lebih kecil, lebih ringan, dan lebih efisien hingga bisa dibawa kemanapun. Bahasa pemrograman juga sangat berpengaruh pada terciptanya berbagai macam sistem dalam mengoperasikan komputer dan membuat beragam aplikasi-aplikasi canggih yang bisa diakses di perangkat manapun.

Komputer yang dikenal dahulu sangat berbeda dengan komputer yang kita kenal saat ini ya lur, berbagai macam bentuk komputer seperti laptop, tablet, smartphone, smartwatch bahkan alat-alat canggih lainnya yang cara kerjanya terotomasi juga merupakan hasil dari inovasi dan perkembangan komputasi. Bagaimana dulur? Sekarang sudah paham, kan? Hampir seluruh aktivitas kita sehari-hari ternyata tidak lepas dari manfaat komputer loh, semoga tulisan ini bermanfaat dan menambah semangat belajar dulur-dulur untuk terus berproses mengembangkan diri.

Kategori:
Teknologi
Bagikan artikel: