Mengenal Lebih Dekat Aplikasi PeduliLindungi

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi PeduliLindungi
Diterbitkan: 15-09-2021 | Oleh: BLC Admin

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah melakukan pelacakan digital guna menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Hal ini menjadikan aplikasi PeduliLindungi menjadi salah stau aplikasi yang wajib dimiliki masyarakat di masa pandemi ini. Karena bertujuan untuk penelusuran kontak, pengguna aplikasi ini harus menyalakan lokasi atau GPS selama mengakses aplikasi. Salah satu fitur yang sudah diketahui oleh masyarakat yakni fitur untuk melihat dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19. Namun, selain fitur tersebut aplikasi ini juga memiliki fitur dan manfaat lainnya yaitu:

1. Membantu Pelacakan untuk Menghentikan Penyebaran Covid-19

Saat menggunakan aplikasi PeduliLindungi, Dulur akan diminta untuk mengaktifkan GPS pada perangkat ponsel. Dengan mengaktifkan GPS/lokasi, maka pemerintah jadi lebih mudah mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

2. Informasi Zonasi dan Notifikasi Keramaian

Dulur akan mendapatkan informasi area zonasi persebaran Covid-19 (merah, kuning, hijau) sesuai dengan lokasi Dulur/lokasi yang dipilih dan mendapatkan notifikasi jika Dulur berada di keramaian. Selain itu Dulur juga akan mendapatkan peringatan apabila di lokasi tersebut terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan. Sebagai pelengkap peta zonasi, aplikasi ini juga memberikan informasi statistik yang berisi jumlah orang yang terinfeksi Covid-19, jumlah suspek, jumlah kontak erat dalam satu kelurahan, kecamatan, kota, dan provinsi.

3. Status Vaksin dan Hasil Tes Covid-19

Dalam aplikasi ini juga terdapat fitur yang bisa menunjukkan hasil tes PCR atau swab antigen Dulur dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

4. Scan QR Code

Fitur ini dibutuhkan ketika Dulur bepergian ke tempat umum seperti pusat perbelanjaan, restoran, kantor, dll. Sebelum masuk ke tempat umum, Dulur akan diminta untuk melakukan check in dengan cara memindai QR Code yang sudah disediakan. Setelah memindai QR Code, akan muncul informasi mengenai lokasi yang akan dikunjungi, jumlah pengunjung, kapasitas total pengunjung, dan data vaksinasi Dulur. Hal ini bisa dijadikan sebagai bukti apakah Dulur aman untuk mengakses layanan publik.

5. Pemeriksaan Kesehatan

Dulur dapat menggunakan fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan Dulur. Fitur ini akan menghubungkan Dulur ke layanan telemedis dari platform lain, dengan tariff yang berbeda-beda tentunya.

6. Diari Perjalanan

Fitur ini berisi riwayat lokasi perjalanan Dulur selama dua minggu ke belakang. Namun, perjalanan yang tercatat hanya jika Dulur melakukan check in dengan fitur Scan QR Code.

7. Registrasi Penerima Vaksin

Bagi Dulur yang belum mendapatkan vaskin, Dulur bisa ikut mendaftar vaksinasi Covid-19 melalui PeduliLindungi. Sebelum mendaftar, Dulur akan diminta untuk melakukan cek validasi NIK dengan memasukkan NIK dan nama lengkap. Apabila NIK sudah tervalidasi, Dulur bisa melanjutkan mengisi formulir yang sudah disediakan. Selain pendaftaran vaksin, fitur ini bisa digunakan untuk melihat status vaksinasi bagi Dulur yang sudah divaksin. Aplikasi akan menampilkan informasi berapa dosis vaksin yang sudah Dulur dapatkan.

8. E-Hac

Sebelumnya, Electronic-Health Alert Card (e-HAC) merupakan kartu manual yang wajib diisi bagi Dulur yang akan melakukan perjalanan dalam/luar negeri melalui laut dan udara. Dengan hadirnya fitur e-HAC di aplikasi PeduliLindungi, Dulur tidak perlu repot lagi ketika akan berpergian. Cukup dengan mengakses satu aplikasi, syarat perjalanan Dulur pun bisa terlengkapi.

9. Paspor Digital

Dengan fitur ini, Dulur bisa melihat sertifikat vaksinasi dan hasil tes Covid-19 yang sudah dijalani selama 30 hari terakhir. Baik sertifikat maupun hasil tes Covid-19 bisa diunduh kapan saja sehingga Dulur tidak perlu repot-repot mencetaknya.

Itu dia Lur, beberapa penjelasan mengenai aplikasi PeduliLindungi. Semoga bermanfaat :)

Bagikan artikel: