Trend Desain Grafis di Tahun 2022

Trend Desain Grafis di Tahun 2022
Diterbitkan: 24-02-2022 | Oleh: BLC Admin

Desainer grafis merupakan salah satu pekerjaan yang dituntut untuk mampu mengikuti dan beradaptasi dengan tren yang sedang digemari oleh masyarakat. Memiliki ciri khas desain tersendiri memang unik, namun mengikuti tren yang sedang booming juga tidak ada salahnya bukan? Bahkan itu bisa menjadi peluang yang menguntungkan lho. Ini dia Lur beberapa tren desain 2022 yang sudah admin rangkum dari berbagai sumber!

1. Tren Desain Obyek

Ada berbagai macam bentuk desain grafis, dimulai dari desain yang menggunakan obyek benda hidup, mati maupun hanya perpaduan dari ragam bentuk. Ada beberapa macam desain obyek yang diyakini akan menjadi tren di tahun 2022 ini lur, yaitu:

  • Obyek 3D

3-D-illustration-of-smiling-man-with-laptop-and-bulb-over-head-sitting-in-armchair-Cartoon-businessm

Ilustrasi obyek 3D sangat mudah dikenali dan juga sangat ikonik. Hal inilah yang menjadikan karakter 3D banyak digunakan di berbagai aplikasi, situs web, maupun animasi.

  • Kombinasi Obyek 2D dan 3D

2d-3d-mix-v2

Kombinasi obyek 2D dan 3D tidak hanya dapat diterapkan di media desain cetak, dulur juga dapat menerapkan konsep ini ke dalam desain tampilan situs web atau blog yang dulur punya. Sebagai contoh, dulur bisa melihat situs web gojek yang telah menerapkan kombinasi 2D dan 3D di tampilannya.

  • Obyek Inklusif

inklusif-v2

Desain inklusif adalah proses perancangan visual yang bisa diterima oleh sebanyak mungkin orang dengan melibatkan beragam ras, jenis kelamin dan juga bentuk tubuh. Jika dulur akan membuat desain untuk pemasaran, konsep ini cocok untuk dulur gunakan karena melibatkan berbagai macam karakter dalam desainnya.

2. Tren Pemilihan Warna

Pemilihan warna yang juga bukan hal yang mudah dalam dunia desain lur. Karena dengan pemilihan warna yang tepat akan meningkatkan nilai estetika desain. Berikut adalah pemilihan warna yang diyakini akan menjadi tren di tahun 2022:

  • Warna Permen

warna-permen-v2

Warna permen adalah pemilihan warna yang super cerah dan memiliki tone yang manis seperti warna kuning, kuning ke oranye, merah ke oranye, merah muda dan lain sebagainya. Warna ini akan memberikan kesan ceria pada desainmu lho.

  • Y2K

y2k-v2

Dulur pasti pernah memperhatikan bagian belakang kaset CD bukan? Permukaannya akan menampilkan warna pelangi ketika terkena cahaya. Nah, desain Y2K ini mengacu pada periode dimana desain dipenuhi dengan CGI poli rendah, permen karet merah jambu, biru, dan warna-warni yang mengingatkan dulur pada warna bagian belakang kaset CD.

  • Warna Muted

muted

Warna muted adalah semua warna yang mendapat campuran warna putih hingga menjadi warna yang halus, campuran warna hitam sehingga menjadi warna yang lebih gelap, dan warna abu-abu sehingga menjadi warna bayangan semu. Dalam aplikasi desain, warna-warna muted tersebut didapatkan dari pengubahan saturasi warna / ketajaman warna lur. Warna-warna muted cocok digunakan untuk desain dengan tema profesional.

3. Tren Pemilihan Font

Apakah dulur masih ingat dengan serial drama Korea Squid Game yang sempat menjadi trending topic akhir tahun lalu? Banyak hal dari serial ini yang kemudian menjadi viral dan diminati banyak orang seperti permen dalgona, boneka Squid Game, kostum, hingga desain tulisannya. Tampilan visualnya menyajikan bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, segitiga dan persegi yang sederhana tapi sangat mudah diingat. Serial ini juga memperkenalkan tren tipografi yang di luar standar, tidak sempurna, tetapi indah dan mengandung twist. Misalnya, salah satu huruf terbalik, lebih besar atau lebih kecil, menggunakan font yang berbeda-beda, atau beberapa huruf yang hilang.

4. Tren Tema Desain Grafis

Setelah dulur membaca tiga tren unsur desain di atas, disini admin akan memberikan beberapa contoh tema desain grafis yang memiliki unsur-unsur yang telah disebutkan di atas.

  • Nostalgia 90-an

90an-v2

Tema desain nostalgia 90-an memiliki warna-warna yang mencolok seperti warna kuning, ungu, hijau dan merah muda cerah. Selain memiliki warna-warna yang cerah, tema ini memilih bentuk-bentuk abstrak atau geometri unik sebagai hiasan. Selain itu lur, ada beberapa tema retro yang diperkirakan akan kembali bangkit seperti pola Memphis, emoji sederhana, dan bingkai-bingkai primitif yang bisa membangkitkan kenangan masa kecil.

  • Anti Desain

anti-desain-v2

Ciri-ciri dari tema ini adalah kebebasan dalam mendesain, ekspresif dan tidak terikat aturan. Anti Desain juga bisa dirasakan dari tampilan visual yang tampak seperti sengaja tidak didesain. Tema ini kerap kali menggabungkan hal-hal yang tidak biasa dalam dunia desain, seperti bentuk asimetri, warna yang bentrok, ruang kosong, elemen yang ramai dan bahkan tipografi yang mencolok.

  • Escapism

escapism

Pandemi tidak hanya mempengaruhi perekonomian lho lur, namun juga dengan dunia desain. Saat kondisi memaksa untuk selalu berada di rumah, tren desain dengan tema escapism pun mulai meledak. Tema desain yang mencerminkan pelarian dan dunia fantasi ini menggunakan obyek-obyek yang terinspirasi oleh dunia nyata terutama obyek alam. Tema ini penuh dengan perpaduan warna yang tidak terduga, pengaturan yang indah, dan desain karakter yang aneh. Fantasi dan keajaiban yang tersirat dalam desainnya ini lah yang menjadi daya tarik dari tema escapism lur.

Itu dia lur beberapa informasi mengenai tren desain tahun 2022 ini, semoga bermanfaat ya lur!

 

Referensi: dari berbagai sumber

Kategori:
Desain
Bagikan artikel: