Website untuk Membuat CV Online Gratis

Website untuk Membuat CV Online Gratis
Diterbitkan: 02-12-2021 | Oleh: BLC Admin

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) adalah lembaran profil yang berisi data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, hingga kemampuan-kemampuan yang dimiliki. Biasanya CV adalah hal pertama yang dilihat oleh HRD ketika dulur melamar pekerjaan/magang di sebuah perusahaan. CV dengan desain yang menarik tentu saja membuat CV dulur mudah dilirik HRD. Berikut beberapa website yang bisa dulur gunakan untuk membuat CV secara gratis:

1. Zety (https://zety.com/)

Jika dulur ingin membuat CV tapi masih bingung membuat kalimat deskripsi, maka Zety bisa menjadi salah satu solusinya. Zety adalah website untuk membuat CV online yang menyediakan berbagai rekomendasi CV sekaligus kalimat-kalimat deskripsi yang profesional. Selain itu, Zety juga menyediakan berbagai macam desain dengan background warna yang menarik namun tetap professional. Jika dulur sudah cocok dengan CV yang dibuat, dulur bisa mengunduh CV tersebut dengan format PDF, Word, atau TXT.

2. VisualCV (https://www.visualcv.com/)

Jika dulur merasa repot untuk mengisi data diri dan pengalaman kerja, maka VisualCV bisa menjadi solusinya. Untuk membuat CV menggunakan website ini, dulur tidak perlu repot mengisi data diri dan pengalaman kerja karena website ini akan langsung mengimpor ­data dulur dari LinkedIn. Oleh karena itu, dulur diharuskan untuk login terlebih dahulu menggunakan akun LinkedIn dulur. Setelah CV yang dibuat sudah sesuai keinginan, dulur juga bisa mengunduh CV tersebut dalam bentuk PDF lho. Tetapi, jika dulur kurang puas dengan template yang sudah disediakan, dulur bisa berlangganan layanan premium untuk bisa menikmati pilihan template yang lebih banyak dan menarik tentunya.

3. Novoresume (https://novoresume.com/)

Sama seperti platform pembuat CV yang lain, Novoresume memiliki berbagai fitur dengan berbagai macam template yang bisa dipilih. Namun ada satu keistimewaan yang membuat website ini berbeda dari yang lainnya. Yaitu adanya fitur optimizer, fitur yang memungkinkan website ini untuk merevisi kekurangan biodata yang dianggap krusial oleh penilaian HRD. Selain fitur optimizer, Novoresume juga menyediakan fitur Live Content Feedback, jadi CV yang sudah dulur buat akan dikomentari langsung oleh pakarnya. Eits, jangan lupa daftar dulu ya lur sebelum membuat CV.

4. Kickresume (https://www.kickresume.com/en/)

Jika dulur ingin membuat sebuah CV dengan template resmi namun tetap terlihat profesional dan kekinian, maka jangan ragu untuk mengunjungi website Kickresume. Di website ini, dulur bisa memilih banyak template resmi yang menonjolkan ruang teks yang lebih luas. Meski hanya menyediakan template resmi, Kickresume telah mengelompokkan desain template berdasarkan industri pekerjaan yang akan dulur lamar. Mulai dari industri kesehatan, manufaktur, IT, dan lainnya. Fitur lain yang menarik dari website ini adalah adanya fitur proofreading yang digunakan untuk mendeteksi kesalahan eja, fitur resume examples yang digunakan untuk melihat CV orang lain yang telah lolos seleksi di perusahaan ternama.

5. Canva (https://www.canva.com/id_id/)

Canva adalah website desain yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi dulur-dulur. Website yang juga tersedia dalam Bahasa Indonesia ini menyediakan banyak pilihan desain mulai dari desain poster, undangan, hingga membuat CV online lur. Disini dulur bisa memilih beragam desain CV dengan banyak tema, dari tema profesional, tema abstrak, hingga tema full color. Template yang dulur pilih pun masih bisa diedit sesuai dengan selera dulur lho. Kurang puas dengan template yang disediakan? Dulur bisa membuat desain sendiri di atas lembar kerja berukuran A4 dan berbagai tools yang ada. Canva juga tersedia versi aplikasi untuk smartphone lho lur, jadi dulur bisa membuat CV dimanapun tanpa perlu menggunakan komputer/laptop. Praktis sekali bukan?

Itu dia lur 5 website untuk membuat CV online secara gratis yang bisa dulur coba. Dengan CV yang menarik, jadi semangat deh untuk mencari kerja :)

Kategori:
Teknologi
Bagikan artikel: