Rekomendasi Aplikasi untuk Menemani Ibadah Puasa

Rekomendasi Aplikasi untuk Menemani Ibadah Puasa
Diterbitkan: 20-04-2022 | Oleh: BLC Admin

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nanti bagi seluruh umat muslim. Di bulan yang penuh berkah ini, umat muslim wajib menunaikan ibadah puasa. Karena momen Ramadhan hanya sebulan tiap tahunnya, tak heran jika banyak orang memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan melakukan berbagai kebaikan. Bukan tanpa sebab, kebaikan yang dulur lakukan di bulan Ramadhan nantinya akan diberi ganjaran pahala berlipat ganda lho. Buat dulur-dulur yang suka menghabiskan waktu sambil bermain smartphone, nih ada beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk menunjang ibadah puasamu lur.

1. Aplikasi Game Ramadhan

Bermain game di smartphone menjadi salah satu hal yang digemari banyak orang. Di internet banyak sekali game-game yang bisa dulur coba. Namun jika dulur mau mencoba game dengan tema Ramadhan, cobalah mencari menggunakan kata kunci “Ramadhan”. Ternyata banyak juga lho lur game dengan tema Ramadhan. Mulai dari game memasak, sampai game yang mengandalkan kecepatan dan konsentrasi.

rc

Salah satunya adalah game Ramadhan Challenge. Game yang dikembangkan oleh Entertainment Dimensions ini memiliki cara bermain yang sama dengan game Dumb Ways to Die yang dikembangkan oleh PlaySide Studios Ltd. Dalam game Ramadhan Challenge, dulur akan diberikan arahan dan ujian untuk melakukan hal-hal yang menjadi kewajiban saat Ramadhan ataupun tidak melakukan hal yang dilarang. Jika dulur berhasil mengikuti arahan atau menahan untuk tidak melakukan larangan, maka dulur akan maju ke ujian-ujian selanjutnya. Namun jika gagal, maka dulur akan kehilangan 1 kurma yang menjadi simbol kesempatan yang dulur miliki untuk menyelesaikan ujian yang diberikan. Tertarik untuk memainkan game nya? Langsung download melalui Playstore mu lur!

2. Aplikasi Al-Qur’an

Setelah sholat Subuh atau Tarawih, dulur pasti sering mendengar orang mengaji dari tempat ibadah di sekitarmu bukan? Kegiatan membaca Al-Qur’an atau tadarus menjadi salah satu kegiatan khas di bulan Ramadhan. Banyak orang yang berlomba-lomba memperbanyak hafalan maupun memperbanyak membaca Al-Qur’an. Saat ini, Al-Qur’an tidak hanya tersedia dalam bentuk fisik, namun juga dalam bentuk digital. Hal ini tentu saja memudahkan dulur untuk membaca Al-Qur’an dimana pun dan kapan pun. Di internet banyak dikembangkan aplikasi Al-Qur’an dengan berbagai fasilitas lain yang memudahkan dulur untuk melakukan ibadah seperti pengingat waktu sholat, kumpulan dzikir, belajar tajwid hingga penyaluran uang infaq dan zakat.

mp

Salah satu aplikasi Al-Qur’an yang memiliki banyak fasilitas yaitu aplikasi Muslim Pro yang dikembangkan oleh Bitsmedia Pte Ltd. Seperti aplikasi gratis lainnya yang terdapat iklan, aplikasi ini juga akan menampilkan iklan sebelum dulur dapat menggunakan fasilitasnya.

kesan

Ada juga Aplikasi Kesan yang dikembangkan oleh Kesan Indonesia. Aplikasi ini memiliki fitur ibadah yang sama namun memiliki tambahan fitur baru untuk belajar agama Islam yaitu fitur Pesantren Digital Ramadhan. Aplikasi Al-Qur’an lainnya yang memiliki kelengkapan fasilitas ibadah yang tidak kalah menariknya ada Qur’an Best, Umma, Muslimnesia dan Qara’a.

3. Aplikasi Sedekah

Setiap manusia dianjurkan untuk tolong menolong dengan orang lain yang membutuhkan, salah satunya yaitu dengan bersedekah. Gak perlu bingung lagi Lur, sekarang bersedekah juga bisa dilakukan secara online lho. Dulur bisa menyalurkan sedekah melalui aplikasi-aplikasi yang telah dikembangkan oleh komunitas penyalur bantuan. Salah satu aplikasi yang sudah tidak asing lagi adalah aplikasi KitaBisa.

kb

Selain dalam bentuk aplikasi, KitaBisa juga bisa diakses melalui situs web dengan nama yang sama yaitu kitabisa.com. Aplikasi ini memiliki beberapa kategori sedekah seperti donasi dan zakat. Untuk melakukan donasi, dulur akan diberikan beberapa pilihan galang dana yang sedang berjalan. Dulur bebas memilih akan berdonasi kemana dan jumlah yang ingin dulur donasikan. Selain memberikan donasi, dulur juga bisa melakukan galang dana untuk orang-orang yang membutuhkan lho. Ketika menjadi penggalang dana, dulur bisa menentukan jumlah dana yang ingin dikumpulkan dan berapa lama penggalangan dana akan berlangsung. Sedangkan untuk zakat, KitaBisa bekerjasama dengan beberapa amil zakat untuk menyalurkan zakat yang dibayarkan melalui KitaBisa.

Itu dia lur beberapa rekomendasi aplikasi untuk menunjang puasamu. Mudah, gak ribet, dan juga bermanfaat bukan? Jangan lupa dicoba ya Lur! Selamat menjalankan ibadah puasa :)

Bagikan artikel: