Agenda Anti Terlewat dengan Google Calendar

Agenda Anti Terlewat dengan Google Calendar
Diterbitkan: 28-04-2021 | Oleh: BLC Admin

Saat membeli smartphone, dulur akan mendapati beberapa aplikasi yang sudah terpasang di smartphone bukan? Salah satunya adalah aplikasi Google Calendar.

Google calendar merupakan sebuah aplikasi web yang berfungsi untuk mengatur atau mengelola waktu. Aplikasi ini pertama kali dirilis oleh Google pada tahun 2006.

Beberapa dari dulur mungkin akan mengabaikan begitu saja karena merasa aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan kalender biasa. Tapi siapa sangka, kalau ternyata aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mengatur jadwal dulur loh.

Untuk menggunakan Google Calendar, dulur tidak diharuskan untuk menginstal aplikasi ini karena Google Calendar juga tersedia dalam bentuk web. Yuk simak beberapa fitur menarik dari Google Calendar!

1. Pengingat agenda

Dengan menggunakan Google Calendar, dulur bisa dengan mudah menambahkan agenda/kegiatan sekaligus memberikan pengingat sebelum agenda dimulai. Dengan begitu dulur tidak akan melewatkan agenda penting.

2. Berbagi kalender

Sama seperti aplikasi keluaran Google yang lainnya, di aplikasi Google Calendar juga terdapat fitur untuk berbagi kalender kegiatan dengan teman-temanmu. Dengan begitu dulur bisa dengan mudah mengkoordinasikan jadwal dengan teman-teman atau mengirim undangan ke pengguna yang lainnya. Jika dulur memilih untuk berbagi atau mempublikasikan kalendernya, maka pengguna yang lain dapat meninggalkan komentar di halaman event tersebut.

3. Terhubung dengan Gmail

Jika dulur mendapatkan email yang berisi jadwal meeting, dulur bisa langsung menambahkannya ke dalam Google Calendar secara otomatis lho. Jadi dulur tidak perlu lagi menambahkan  secara manual ke dalam Google Calendar.

4. Update media sosial

Dulur juga bisa membuat pengingat untuk update media sosial. Tetapi untuk dapat melakukannya, dulur perlu menginstal aplikasi tambahan yaitu aplikasi IFTTT (If This Then That). Aplikasi ini memungkinkan aplikasi Google Calendar untuk bisa terhubung dengan media sosial.

5. Penyimpanan otomatis

Aplikasi ini memungkinkan dulur untuk membuat kalender pribadi maupun publik sesuai dengan kebutuhan. Google akan secara otomatis menyimpan kalender yang dulur buat ke dalam servernya. Dengan begitu dulur bisa mengecek jadwal dimana saja dan kapan saja selama dulur memiliki perangkat yang memadai dan terhubung dengan jaringan internet.

6. Fitur Goal

Hampir semua orang pasti memiliki target pribadi, seperti belajar bahasa asing, melakukan workout, menyelesaikan skripsi, dan lain sebagainya. Untuk membantu dulur mencapai target tersebut, dulur bisa menggunakan fitur Goal.

Dengan fitur ini, dulur bisa menetapkan target apa saja yang ingin dikejar dan menentukan seberapa sering dulur melakukannya. Google Calendar akan membantu untuk membuatkan jadwalnya secara otomatis dengan menyesuaikan agenda dulur setiap harinya. Jadwal setiap Goal juga akan otomatis disesuaikan ketika ada jadwal kegiatan baru yang bentrok.

7. Sistem Pencarian

Pada Google Calendar, dulur dapat menggunakan teknologi pencarian Google untuk mencari tidak hanya di kalender dulur sendiri, tetapi juga di setiap kalender publik yang ada pada sistem Google. Dengan begitu dulur bisa menggunakan fungsi pencarian untuk mencari agenda tertentu yang tercatat dalam kalender.

8. SMS

Google Calendar juga memiliki layanan SMS yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan pengingat.

 

Itu dia beberapa fitur menarik dari Google Calendar yang bisa dulur manfaatkan untuk memaksimalkan waktu dulur sehari-harinya. Selamat mencoba!

Bagikan artikel: