Bersiap Menyambut Jaringan 5G di Indonesia

Bersiap Menyambut Jaringan 5G di Indonesia
Diterbitkan: 14-09-2018 | Oleh: BLC Admin

Saat ini kebutuhan internet seolah-olah sudah menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Informasi, belanja, pembayaran, hiburan, dan masih banyak hal lagi yang bisa kita dapatkan melalui internet. Sehingga teknologi internet dari tahun ke tahun terus dikembangkan, termasuk tingkat kecepatan aksesnya.

Pada tahun 2014 ketika Indonesia baru saja booming dengan jaringan 4G, diluar sana negara – negara maju sudah memperbincangkan dan melakukan berbagai riset mengenai kehadiran 5G, 6G dan 7G. Saat itu diprediksi bahwa jaringan 5G atau Generasi kelima akan siap digunakan pada tahun 2020. Namun pada Mei 2018 kemarin secara mengejutkan Qatar menyatakan diri sebagai pengguna jaringan 5G Pertama. Jaringan 5G dengan pita spektrum 3.5GHz atau dengan kecepatan 10 kali lipat dari jaringan sebelumnya yakni 2G, 3G dan 4G.

Dengan kehadiran jaringan 5G ini semakin mendekatkan kehidupan pada teknologi nirkabel (tanpa kabel). Kecepatan jaringan 5G sangat mendukung IoT atau Internet of Things. Dimana di masa depan manusia dapat mengontrol benda atau device dari jarak jauh. Seperti operasi medis jarak jauh (Remote Surgery), mobil tanpa awak dan banyak lagi perkembangan teknologi lainnya yang akan sangat mudah dikembangkan dengan menggunakan kecepatan jaringan 5G.

Lalu bagaimana perkembangan 5G di Indonesia ? Untuk pengembangan jaringan 5G di Indonesia masih terhalang beberapa  hal. Mulai dari penetapan regulasi, ketersediaan sprektrum frekuensi, persiapan infrastruktur jaringan dan pengelolaan infrastruktur pasif. President Director Telkomsel Ririek Adriansyah menyatakan teknologi super cepat nirkabel 5G diperkirakan mulai dikomersialkan operator seluler atau dimanfaatkan secara masif dalam lima tahun mendatang atau pada 2023. Namun untuk uji coba jaringan 5G PT Telkomsel telah membuka  booth 5G Experience Center pada penyelenggaraan Asian Games kemarin. Pada booth 5G Experience Center Pengunjung dapat melihat dan merasakan langsung jaringan 5G.

Kemajuan teknologi yang semakin pesat ini, mampukah kita menyeimbangkan diri sebagai pengguna yang cerdas sehingga dapat memanfaatkan teknologi dengan maksimal? Mari bersiap untuk menyambut kehadiran jaringan 5G. Sehingga kita bisa mengembangkan industri, ekonomi, pendidikan, dan aspek lain dengan adanya internet yang semakin cepat ini.

Kategori:
Teknologi
Bagikan artikel: