Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Logo

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Logo
Diterbitkan: 26-10-2018 | Oleh: BLC Admin

Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya (Wikipedia). Karena fungsinya untuk mewakili perusahaan maka sebuah logo harus memiliki filosofi yang menggambarkan bagaimana perusahaan tersebut. Logo harus mudah diingat oleh orang lain karena selain sebagai desain yang mewakili perusahaan, logo juga berfungsi sebagai sarana pemasaran. Jadi, bagaimana membuat orang lain ketika melihat logo tersebut langsung mengenali logo itu milik perusahaan apa. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat logo ialah :

  •        Warna

Warna pada desain menjadi hal yang penting karena warna membawa arti dan dapat menyampaikan pesan pesan dari maksud logo tersebut terhadap orang lain. Penggunaan warna dapat disesuaikan dengan tujuan dari pembuatan desain. Setiap warna memiliki arti yang berbeda beda. Perpaduan warna dalam sebuah desain juga harus menjadi pertimbangan. Perpaduan warna dapat melihat dari palet warna yang tersedia. 

  • Sederhana dan Mudah diingat

Logo yang sederhana lebih mudah diingat dan juga dapat langsung terbaca pesan yang ingin disampaikan. Kualitas desain dapat dinilai dari seberapa mudah desain logo itu diingat. Sudah banyak desain logo yang mendunia dengan desainnya yang sederhana dan mudah diingat. Seperti logo Nike, Apple, dan banyak lainnya. 

  • Unik

Logo perusahaan harus unik. Unik disini berarti desain logo tidak boleh sama. Jika mirip atau sama antara perusahaan satu dengan lainnya, akan dapat dikenai sanksi karena telah melanggar hak cipta dari perusahaan tersebut.

  • Berkreasi Menggunakan Huruf Kostum

Logo tidak harus menggunakan gambar suatu benda atau objek, tetapi juga dapat berupa huruf yang dikemas secara indah yang memberikan kesan elegan.

  • Pasif vs Aktif

Salah satu aspek yang menarik dari desain logo adalah konsep menanamkan gerakan atau kegiatan menjadi sebuah logo. Hal ini memang tidak selalu tepat, tetapi terkadang itu benar-benar dapat memberikan dorongan yang dibutuhkan, baik dari sudut pandang visual maupun konseptual.

Kategori:
Bagikan artikel: