5 Istilah Desain Grafis yang Wajib Diketahui

5 Istilah Desain Grafis yang Wajib Diketahui
Diterbitkan: 29-01-2020 | Oleh: BLC Admin

Dalam dunia desain grafis, ada beberapa istilah yang wajib Dulur ketahui lho. Agar ketika menyelaminya Dulur tidak bingung dan tidak salah paham. Yuk simak 5 istilah desain grafis yang wajib Dulur ketahui di bawah ini:

1. Raster dan Vektor

Gambar Raster / Bitmap merupakan gambar yang terbentuk dari titik – titik atau piksel. Grafis ini tergantung oleh banyaknya piksel sehingga apabila dilakukan zooming/pembesaran, akan terlihat kotak-kotak piksel dari gambar tersebut. Contoh gambar raster adalah foto. Photoshop dan GIMP adalah salah satu raster editor yang paling familiar.

 

Gambar Vektor merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis / kurva. Garis ini tidak tergantung oleh banyaknya piksel, sehingga apabila dilakukan pembesaran (zooming) tidak akan kehilangan detailnya, dan juga gambar tidak terlihat pecah atau kabur berbentuk kotak-kotak(juggy). Contoh software pengolah vektor  adalah Adobe Illustrator, CorelDraw dan Inkscape.

2. CMYK dan RGB

CMYK adalah singkatan dari Cyan Magenta Yellow Black. Ini adalah warna standar desain yang akan dikirim ke proses cetak atau printer. Jadi jika kamu ingin mengirim desain brosur ke dalam mesin cetak, gunakanlah pengaturan warna CMYK atau kamu akan mendapatkan hasil cetak yang berbeda dari yang terlihat dimonitor.

Warna RGB (Red Green Blue) adalah tipikal warna yang digunakan untuk tampilan monitor komputer atau televisi, kamera digital, smartphone dll.

Karena CMYK memiliki gamut warna yang terbatas dibanding RGB, maka akan beresiko kehilangan warna ketika mengkonversi warna RGB ke CMYK.  Maka berhati-hatilah saat mendesain, selalu perhatikan outputnya nanti akan dibawa kemana, cukup tampil dimonitor atau akan ke proses cetak.

3. DPI dan PPI

PPI merupakan singkatan dari Pixel Per Inch yang artinya PPI adalah sebuah satuan resolusi yang berdasarkan banyaknya pixel (titik layat terkecil) tiap inci-nya.  PPI merupakan satuan untuk digital (tidak dikertas fisik melainkan untuk layar seperti monitor). Standarnya monitor memiliki ukuran 72 PPI.  Semakin tinggi PPI maka pixel semakin rapat.

DPI merupakan singkatan dari Dot Per Inch yang artinya DPI adalah sebuah satuan yang berdasarkan banyaknya dot (titik lingkaran terkecil) tiap inci-nya. DPI digunakan dalam resolusi output yakni printer. Jadi, DPI itu adalah jumlah titik dalam tinta fisik yang dicetak oleh sebuah printer. Standarnya DPI tinggi itu 300. Rasio DPI dengan PPI adalah 1:1.

4. Tipografi

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

5. Grid

grid dipergunakan sebagai alat bantu untuk menyusun atau mengatur objek dalam kontek perencanaan dalam ruang gambar dua dimensi. Grid dalam desain grafis dipergunakan sebagai alat bantu untuk menyusun, mengatur komposisi objek visual, dalam istilah lain dipergunakan untuk membantu pengaturan tata letak, objek tersebut terdiri dari elemen grafis, yakni; huruf dan image. Biasanya susunan huruf terdiri dari penempatan judul (headline), naskah (bodytext), atau susunan lainnya yang menggunakan unsur huruf. Sedangkan penggunaan image terdiri dari ; gambar-gambar dalam bentuk foto, ilustrasi, clipart dan seterusnya.
Fungsi grid, selain alat pengaturan komposisi dalam ruang dua dimensi, grid dapat menciptakan sifat-sifat yang berkaitan dengan penampilan (performance) dalam bentuk desain, atau bisa menciptakan kesan (impression) tertentu; seperti sifat formal, mahal, murah dan seterusnya.

Nah, itu dia Dulur istilah-istilah dalam bidang desain grafis yang harus Dulur pahami.

Kategori:
Desain
Bagikan artikel: