Etika Dalam Berinternet

Etika Dalam Berinternet
Diterbitkan: 06-08-2018 | Oleh: BLC Admin

Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib/etika tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
Pentingnya Etika Dalam menggunakan Internet adalah sebagai berikut:

  1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin  memiliki budaya,bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
  2. Penggunainternet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
  3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang sukaiseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
  4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya penghuni baru didunia maya tersebut.


Inilah Etika dalam berinternet :


1. Perhatikan dalam penggunaan huruf kapital
Dalam penulisan suatu informasi penggunaan huruf kapital harusalah diperhatikan. Jangan menggunakan huruf kapital sembarangan. Karena penggunaan huruf kapital yang tidak tepat dapat disalah artikan oleh para pengguna internet lainya. Misalnya pengguanaan huruf kapital yang tidak tepat mencerminkan seseorang yang sedang marah.biasanya penggunaan huruf kapital digunakan untuk sebuah singkatan atau nama sebuah badan atau organisasi.


2. Hati-hati terhadap informasi yang kita terima
Lewat internet kita bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Baik itu spam, berita hoax dan lain-lain. Untuk itulah coba cari referensi sumber berita yang terpercaya. Atau carilah sumber informasi lainya jika anda ingin mengetahui apakah informasi yang anda terima itu benar atau tidak.

3. Penggunaan “CC” di e-mail
Sebagaian dari pengguna e-mail bisa jadi orang yang awam yang kurang paham atau jarang sekali menggunakan e-mail. Jika orang tersebut adalah anda, maka jangan mencantumkan nama-nama pada kolom “CC” pada form pengiriman e-mail. Karena jika melakukan hal tersebuta semua orang yang menerima e-mail anda bisa melihat alamat-alamat e-email orang lain.untuk itu gunakan selalu “BCC” agar setiap orang bisa melihat emailnya sendiri.

4. Batasi informasi yang kita sampaikan
Sebagai pengguna internet yang baik kita wajib dapat membatasi informasi apa saja yang boleh dan tidak boleh di sebarkan dalam internet, yang di maksud boleh tau tidak dalam hal ini adalah hal yang bersifat privasi individu diri sendiri atau orang lain yang menyebabkan pencemaran nama baik secara individu maupun kelompok.karena internet dapat di akses oleh semua kalangan hendaknya kita dapat memilah-milah informasi mana saja yang layak dan tidak untuk di sebarkan agar tidak menimbulkan perselisihan di kemudian hari

5. Hindari personal attack
Sering kali dalam forum dunia maya terdapat debat-debat antar sesama pengguna internet. Terkadang haltersebut bisa memanas hingga kosa kata yang di sampaikan tidak sopan. Meski begitu jangan sekali-sekali menggunakan kelemahan lawan debat anda sebagai senjata anda untuk memenangkan debat, karena hal tersebut akan menunjukkan bahwa betapa dangkalnya pengetahuan anda.

6. Pemilihan konten internet dengan bijak
Dalam dunia maya atau dunia internet terdapat banyak sekali informasi-informasi yang mempunya konten positif dan negatif, hendaklah kita sebagai pengguna internet dapat menggunakan dengan bijak, yaitu dengan cara memanfaatkan secara positif tidak mengakses konten yang berbau sara dan pornografi.

7. Hak cipta
Dalam penggunaan internet hendaklah kita selalu meenghargai hak atas kekayaan intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta

Bagikan artikel: