Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok

Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok
Diterbitkan: 02-12-2020 | Oleh: BLC Admin

TikTok adalah salah satu aplikasi media sosial dan platform video yang tengah digandrungi belakangan ini. Aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk membuat berbagai konten video dengan durasi 15 sampai 60 detik. Tingginya minat dan persebaran konten dari aplikasi dengan 800 juta pengguna aktif ini menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia marketing online. Dengan begitu banyak pengguna, secara tidak langsung TikTok membantu untuk meningkatkan brand awareness bisnis onlinemu. 

Terus gimana caranya memasarkan bisnis di TikTok? Simak strategi-strategi di bawah ini ya:

1.    Gunakan hashtag yang sesuai dengan bisnis kalian
Ini dia cara pertama untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian sesuai judul. Dengan persebaran yang luas, semakin tinggi juga kemungkinan penambahan angka followers. Melalui hashtag, Anda juga bisa melihat dan menentukan kompetitor Anda. Lebih baik gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis Anda mendapat spotlight.


2.    Selalu ikuti tren di TikTok dan buat konten seru untuk meningkatkan pengunjung
Selalu pantau tren apa yang sedang ramai dicoba oleh pengguna. Maka dari itu, Anda harus tetap update dengan semua perubahannya. Adaptasikan ciri khas bisnis online Anda dalam setiap kontennya, jangan hanya meniru. Buatlah versi atau bahkan trend baru yang khas dan unik dari brand bisnis online Anda.


3.    Kolaborasi dengan influencer TikTok agar semakin dilihat oleh calon pembeli
Bangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Sebelum memilih influencer, Anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah audience influencer ini cocok dengan target pemasaran produk Anda. Setelah itu, beri pointers konten yang jelas kepada mereka, berikan juga kebebasan influencer dalam cara mengemas kreasi konten supaya sesuai selera followers mereka.


4.    Buat hashtag challenge untuk meningkatkan interaksi dengan followers
Hashtag merupakan fitur primadona dari TikTok. Membuat hashtag challenge merupakan cara efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online Anda. Tuangkan kreativitas Anda dan buatlah challenge seru serta mudah diikuti oleh pengguna TikTok. Pengguna TikTok sangat antusias dalam mengikuti challenge seru dan mengupload hasil kreasinya.

 

5.    Post komentar dan ajak penonton untuk komentar di postingan kalian
Kehadiran dan aktivitas akun TikTok Anda akan membantu akun tetap hidup dan mudah dicari oleh target pemasaran Anda. Salah satu caranya adalah dengan posting komentar.
Bangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen Anda. Maka dari itu, pikirkan dengan matang komentar Anda supaya percakapan tetap menarik dan bermakna.
Anda juga bisa post komentar di video konsumen yang membahas produk Anda.


6.    Sering posting video menarik
Selain sering berinteraksi dengan followers, Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok Anda dengan sering membuat posting. Semakin banyak posting dengan beragam topik dan hashtag, semakin luas juga persebaran konten Anda. Agar pembuatan konten lebih mudah dan terkontrol, sebelum posting Anda bisa buat editorial content plan serinci mungkin dan sesuai dengan intensitas posting yang Anda inginkan.


7.    Gunakan efek video yang menarik dan unik
Dengan jutaan pengguna di dalamnya, pengguna TikTok perlu kreativitas tinggi untuk menampilkan kontennya dengan baik. Supaya membaur dengan pengguna TikTok lainnya, buatlah konten yang memanfaatkan fasilitas efek dari TikTok. TikTok juga punya efek green screen yang cukup populer digunakan di berbagai postingan viral.


8.    Buat video menarik dengan caption yang jelas
Seperti Instagram, TikTok mempunyai batas durasi video maksimal 1 menit. Durasi terbatas ini perlu Anda manfaatkan dengan baik, jangan hanya buat posting video iklan saja. Misalkan, cara memaksimal penggunaan produk Anda, informasi tentang kreasi yang bisa dicoba pengguna, keuntungan yang didapat dalam menggunakan produk, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar konten dan produk yang sedang Anda pasarkan dapat ditemukan dengan mudah.


9.    Pasang iklan agar semakin hits
Ini dia strategi lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Beberapa jenis iklan yang disediakan TikTok di antaranya adalah, Pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi, In-feed ads yang muncul di tengah feed akun, Promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan Branded effects yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi brand tertentu. Memiliki strategi merupakan salah satu hal terpenting dalam menjalani bisnis. Begitu pula dengan meningkatkan penjualan bisnis online melalui TikTok.

Itu dia dulur 9 strategi untuk meningkatkan penjualan bisnis onlinemu menggunakan TikTok. Selamat mencoba!


Referensi: Dari berbagai sumber

Bagikan artikel: