Tips Membuat dan Menyajikan Slide Presentasi yang Efektif

Tips Membuat dan Menyajikan Slide Presentasi yang Efektif
Diterbitkan: 07-09-2018 | Oleh: BLC Admin

Menurut Paramita Mohammad, CEO Communication for Change, bagian esensial dari sebuah presentasi adalah wacana yang diucapkan di depan umum. Slide hanyalah alat bantu visual untuk memperkuat penyampaian bagian-bagian tertentu dari wacana.

Meskipun begitu, membuat slide juga tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar slide presentasi lebih efektif.

Lebih Singkat Lebih Baik

Ingat, slide hanyalah pendukung secara visual dari materi yang disampaikan. Tulislah poin terpenting saja dan jangan menulis terlalu banyak penjelasan dalam slide, tetapi sampaikan secara langsung. Jika yang anda sampaikan tertulis semua dalam slide, maka audiens lebih perhatian pada slide dan kurang memperhatikan anda.

Pilih jenis font yang bisa dibaca oleh audiens dari jarak jauh

Menurut website support.office.com, font yang disarankan untuk sebuah presentasi adalah Helvatica atau Arial. Font tersebut lebih mudah terbaca oleh audiens dari jarak jauh.

Pilih ukuran font yang bisa dibaca oleh audiens dari jarak jauh.

Gunakan ukuran font 28-30, jika lebih kecil dari itu, maka audiens kurang jelas dalam membacanya.

Warna Teks dan Background Harus Kontras.

Menyesuaikan warna teks dengan background yang Anda pakai juga penting. Pilih warna yang kontras antara huruf dan background. Hal ini memudahkan audiens Anda membaca poin presentasi yang Anda berikan. Jangan sampai hanya karena Anda salah memilih warna font, audiens mengalami kesulitan membaca poin yang ingin Anda sampaikan dan akhirnya bosan.

Gunakan seni untuk membantu menyampaikan pesan anda.

Agar slide lebih menarik dan tidak membosankan, alangkah baiknya bila menggunakan grafik, tabel, atau fotografi yang bagus untuk memvisualisasikan materi yang ingin disampaikan. Sehingga mata audiens tidak bosan melihat teks terus-menerus.

Sisi kanan adalah contoh slide yang efektif

Sumber gambar : www.ronapresentasi.com

Bagikan artikel: