Meraup Dolar dengan Menjual Foto di Internet

Meraup Dolar dengan Menjual Foto di Internet
Diterbitkan: 04-02-2019 | Oleh: BLC Admin

Suka memotret? Jangan biarkan foto keren kamu hanya terupload di media sosial atau malah hanya mengendap dalam harddisk kamu. Karena dengan foto itu kamu bisa mendapatkan uang, lho. Bolehlah kita mengutip quotes dari Joker dalam film Batman: The Dark Knight, “If you’re good at something, never do it for free”.

Lalu bagaimana caranya?

Tidak hanya melalui jasa foto prewedding saja kamu bisa menghasilkan uang dari fotografi, tetapi kamu juga bisa menjual foto kerenmu ke salah satu situs di bawah ini:

Ayofoto.com

Platform Ini berasal dari Indonesia, lho. Untuk menjadi kontributor di ayofoto adalah tanpa biaya alias gratis. Kecuali jika kamu mau menjadi anggota premium maka harus membayar. Tetapi keuntungan yang akan kamu dapatkan juga lebih besar.

Shutterstock.com

Kamu pasti tidak asing dengan nama ini. Jika kalian mencari gambar di google, seringkali gambar yang muncul menampilkan foto-foto dengan watermark shutterstock di fotonya. Platform ini sangat populer di kalangan pecinta fotografi seluruh dunia. 

iStockphoto.com

Platfrom ini mempunyai fokus foto antara lain foto berita, foto model, dan foto lokasi. Komisi yang bisa kamu dapatkan mulai 15%-45%, lumayan banget, kan? Tetapi untuk menjadi kontributor di iStockphoto terbilang cukup sulit karena sangat terseleksi fotonya.

Sebenarnya masih banyak lagi situs atau platform yang bisa kamu gunakan untuk menjual hasil jepretanmu. Tentunya setiap situs mempunyai syarat dan ketentuan masing-masing, seperti syarat foto dan pembagian keuntungan.

Biasanya pembeli foto di situs stok foto online adalah instansi-instansi, perusahaan media, penerbit desainer, agency periklanan, marketer dan lain sebagainya untuk kebutuhan mereka mendesain brosur, mengisi konten media sosial, desain banner dan lain-lain. Maka gunakan kata kunci dan deskripsi yang tepat untuk foto yang kamu pamerkan ya, agar tingkat penjualan fotomu bagus.

Ayo, tunggu apalagi? Teknologi sangat membantumu mendapatkan tambahan penghasilan jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Bagikan artikel: