Membuat Video Berkualitas dengan Smartphone

Membuat Video Berkualitas dengan Smartphone
Diterbitkan: 12-10-2018 | Oleh: BLC Admin

Siapa bilang membuat video berkualitas harus dengan kamera DSLR? Buat kamu yang ingin membuat vlog atau video lainnya, jangan putus harapan hanya karena kamu tidak punya DSLR. Karena dibalik video yang hebat terdapat cameraman yang handal. Jadi tidak tergantung dari alatnya. Kuncinya adalah pada cara pengambilan gambar dan editing video. Editing ini pun bisa juga dilakukan di smartphone, lho.

Tidak bermaksud membandingkan dengan kamera professional, karena memang sudah nyata beda kelas, tetapi setidaknya dengan tips berikut kreativitasmu tidak terbatas dengan peralatan yang sederhana. Simak tips-tips berikut ini:

·       Pastikan lensa selalu bersih, karena kotoran seperti debu dan minyak akan mengurangi ketajaman kamera.

·      Selalu gunakan resolusi paling tinggi yang tersedia pada smartphone, tentunya dengan menyiapkan memori yang lebih untuk video dengan resolusi tinggi.

·       Usahakan memilih lokasi dengan cahaya yang cukup. Pada kondisi cahaya yang kurang video akan cenderung gelap dan noise.

·       Jika merekam di dalam ruangan pilih lokasi dekat jendela, manfaatkan cahaya yang berasal dari luar jendela untuk menerangi objek.

·      Untuk lokasi di luar ruangan, hindari merekam video pada tengah hari. Waktu ideal untuk pengambilan gambar di luar ruangan adalah pagi sekitar pukul 06.00 - 09.00, dan sore sekitar pukul 15.00 - 17.30. Jika memiliki dana lebih, belilah lampu LED (lighting) untuk ponsel.

·       Hindari zoom, karena dengan zooming getaran yang timbul akan semakin kuat. Untuk mengatasinya mendekatlah ke objek yang akan kita rekam.

·      Usahakan jangan berjalan atau bergerak ketika merekam, kecuali kita gunakan stabilizer.

·      Usahakan menggunakan tripod agar video stabil. Atau kamu bisa coba dengan cara meletakkan ponsel di meja, kursi, atau apa saja supaya tidak bergerak. Gunakan benda tersebut sebagai tripod. Ganjal dengan benda seperti buku supaya ponsel tidak bergeser.

·      Jika masih ingin merekam video dengan memegang ponsel, peganglah dengan dua tangan dan sandarkanlah tubuh kita ke dinding, pohon, atau benda besar lain yang tidak bergerak.

·       Aktifkan fitur images stabilizer pada ponsel jika tersedia.

Setelah selesai dengan pengambilan gambar, yang dilakukan profesional adalah proses editing. Tujuannya adalah mempercantik sebuah video supaya bisa dinikmati. Berikut beberapa contoh dalam proses editing video :

·         Potong atau buang clip yang tidak layak ditampilkan.

·         Penambahan musik latar supaya lebih dramatis.

·         Mengatur terang gelap untuk hasil yang lebih detil.

·         Color corection atau color balance supaya warna lebih indah.

·         Penambahan teks supaya video lebih informatif.

 

Dan tentunya masih banyak lagi yang bisa dilakukan dalam proses editing. Aplikasi editing video kini sudah banyak tersedia gratis di playstore dan app store, bahkan produsen smartphone sudah banyak membekali fitur editing video pada produknya. Salah satu aplikasi editing video yang cukup bagus di Android adalah Power Director.

Silahkan mencoba. Selamat berkarya!

 


Referensi:
Dari berbagai sumber

Kategori:
Bagikan artikel: