Tips dan Trik Membuat Presentasi yang Menarik

Tips dan Trik Membuat Presentasi yang Menarik
Diterbitkan: 19-05-2021 | Oleh: BLC Admin

Tidak hanya butuh pandai berbicara untuk menjadi presentator yang handal. Slide presentasi yang ditampilkan juga menjadi hal yang menentukan keberhasilan presentasimu loh Dulur.

Yuk simak beberapa tips dan trik yang bisa Dulur gunakan untuk membuat slide presentasi jauh lebih menarik!

1. Sertakan Infografik

Memadukan informasi dan grafik akan menarik perhatian audiens. Dengan begitu audiens akan fokus melihat presentasi dan mendengar pemaparan yang disampaikan.

2. Perbanyak Gambar dan Sedikit Tulisan

Meringkas materi yang akan disampaikan dengan membuat poin-poin penting dan mengilustrasikannya dalam bentuk gambar akan lebih menarik perhatian audiens.

3. Manfaatkan Bagan dan Grafik

Tidak semua data bisa cocok disampaikan dengan infografis. Bagan dan grafik bisa membantumu untuk memvisualisasikan data ke dalam format yang lebih intuitif.

4. Desain yang Unik

Desain presentasi yang unik pasti lebih mudah untuk menarik perhatian audiens. Dengan merubah bentuk foto, menggunakan font khusus, icon, gradien warna, dan memanfaatkan skema warna yang trendy bisa membuat presentasimu jadi menarik dan berbeda.

5. Minimalis

Desain presentasi yang minimalis akan membantu audiens untuk fokus dengan materi yang disampaikan. Dengan objek slide yang lebih sedikit, mata audiens secara alami akan mengikuti poin krusial yang disampaikan.

6. Libatkan Audiens

Di tahun 2021 ini, paradigma dimana pemateri hanya menyampaikan materi selama 1 jam sudah dianggap sebagai sesuatu yang kuno. Dengan melibatkan audiens pada saat presentasi akan membuat susasana menjadi hidup dan tidak membosankan, sehingga dapat memberikan kesan yang mendalam dan audiens dapat mengingat materi yang disampaikan.

7. Gunakan Animasi

Dulur bisa juga menggunakan animasi yang dapat membangun interaksi dengan audiens dan sesuai dengan konten yang sedang disampaikan. Hindari menggunakan animasi yang terlalu berlebihan karena dapat mengganggu fokus audiensmu.

8. Mockup Perangkat

Beberapa gambar pendukung yang ditampilkan bisa diambil dari tangkapan layar aplikasi atau website. Dulur bisa menampilkannya dengan menggunakan mockup perangkat untuk membuatnya terlihat lebih hidup dan menarik.

Nah, itu dia Dulur tips dan trik agar presentasimu tampak jauh lebih menarik. Selamat mencoba!

Bagikan artikel: