Strategi Marketing Baru Menggunakan TikTok

Strategi Marketing Baru Menggunakan TikTok
Diterbitkan: 04-11-2020 | Oleh: BLC Admin

Smartphone dan internet saat ini seolah-olah telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang.

Kemajuan teknologi ini (smartphone dan internet) membuat informasi beredar sangat cepat. Sehingga banyak pebisnis memanfaatkannya untuk pemasaran atau lebih dikenal dengan istilah digital marketing.

Digital  marketing sendiri adalah segala jenis kegiatan promosi yang menggunakan media elektronik.

Untuk saat ini bisa dikatakan hampir setiap pelaku usaha menggunakan konsep digital marketing untuk memasarkan produk mereka. Sudah banyak platform yang mendukung strategi digital marketing ini, sebut saja Facebook, Instagram, twitter, hingga TikTok.

TikTok? Apa tidak salah? Tidak, Dulur. Aplikasi TikTok yang sempat diblokir pemerintah Indonesia pada tahun 2018 karena dilaporkan banyak memuat konten negatif kemudian tidak lama dibuka kembali, kini tengah menjadi aplikasi yang sangat populer.

Dilansir dari teknlogi.bisnis.com, TikTok jadi aplikasi non-game yang paling banyak diunduh di seluruh dunia untuk bulan Agustus 2020 dengan Indonesia sebagai pengunduh paling banyak selama periode tersebut.

Bagi Dulur yang mempunyai bisnis, terutama yang segmen pasarnya anak muda, sepertinya harus mencoba TikTok sebagai media branding selain Instagram. Merek-merek terkenal di dunia seperti Samsung, Guess, dan BMW telah menggunakan TikTok untuk meningkatkan Brand Awareness mereka.

Jika Dulur mau mulai melakukan promosi di TikTok, perhatikan beberapa hal ini:

1. Konten softselling yang kreatif

Jangan melakukan hardselling di TikTok, karena akan kurang menarik perhatian netizen. Buatlah konten softselling untuk meningkatkan value produk kamu, Lur.

Contohnya konten tutorial. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk  adalah ketika mengetahui bagaimana cara penggunaan atau pemakaian produk tersebut dan apa manfaatnya bagi mereka. Semakin kreatif Dulur mengedit videonya, maka akan semakin viral dan memungkinkan mendatangkan banyak pelanggan.

2. Menggunakan Hashtag Challenge

Konten challenge di TikTok merupakan konten yang sangat viral saat ini. Konten ini berupa tantangan khusus yang dilakukan oleh para pengguna TikTok. Cara ini bisa kita gunakan untuk mempromosikan binsis, di mana kita bisa menggunakan salah satu produk dalam challenge tersebut. Tidak perlu melakukan challenge baru, bisa juga dengan melakukan reka ulang atau membuat konten dari challenge yang sudah ada. Beberapa challenge yang pernah populer di TikTok di antaranya adalah Pass the Brush Challenge, Fridge Challenge, Any Song Challenge, dan masih banyak lagi. Setelah itu, kita bisa menggunakan hashtag populer pada postingan tersebut, dan pilihlah hashtag yang relevan, gampang diingat, dan tentunya sesuai dengan produk yang ditawarkan.

3. Posting konten yang menyenangkan

Salah satu manfaat terbesar TikTok adalah Dulur tidak perlu membuat video yang sangat halus editingnya. Kesempatan bagi pelaku bisnis untuk mendapatkan cara termudah dan paling murah untuk strategi marketing di TikTok. Semua konten di TikTok adalah tentang kesenangan dan kreativitas. Dulur bisa menggunakan filter-filter yang telah disediakan TikTok agar video Dulur semakin menarik.

 

 

Referensi: Dari berbagai sumber

Bagikan artikel: