UMKM SURABAYA GO ONLINE

UMKM SURABAYA GO ONLINE
Diterbitkan: 05-11-2018 | Oleh: BLC Admin

Usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memandang penting keberadaan para pelaku UMKM. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Kementerian Koperasi dan UKM menjalin sinergisitas mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memanfaatkan teknologi internet. Pemerintah mencanangkan gerakan 100.000 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Go Online secara serentak di 30 kota/kabupaten di Indonesia. Program ini digagas seiring dengan visi Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Digital Energy of Asia.

Broadband Learning Center (BLC) mengambil peran penting dalam mendorong para pelaku UMKM di Surabaya agar bisa memanfaatkan internet untuk memperluas jangkauan pasarnya dengan cara memberikan pelatihan pada pelaku UKM. Mulai dari foto produk, desain kemasan, sampai marketing online.

Dalam proses menjalankan UMKM secara online ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar calon pembeli tertarik pada produk yang telah ditawarkan.

1. Foto produk

Sebelum membeli produk, calon pembeli pada tahap pertama akan melihat dulu produk yang ditawarkan. Foto produk sangat menentukan ketertarikan calon pembeli terhadap produk tersebut. Foto produk yang layak dan detail akan menarik perhatian dari calon pembeli.

2. Deskripsi Produk Jelas

Calon pembeli akan lebih nyaman ketika mengetahui deskripsi produk yang akan dibelinya secara jelas dan lengkap. Sehingga calon pembeli dapat membayangkan produk yang dijual dari bahan apa, ukurannya berapa dan melihat detail detail lainnya.

3. Nama produk yang Unik

Nama yang unik akan memudahkan penjual dalam membranding produk jualannya. Jika UMKM menjual Keripik Pisang hanya dengan nama Keripik Pisang maka calon pembeli kurang tertarik. Tetapi apabila nama produk tersebut diganti dengan  Keripik Bacok misalnya, makacalon pembeli akan mencari tahu dan melihat produk tersebut.

4. Tingkat respons penjual yang tinggi terhadap interaksi calon pembeli

Warganet yang akan menjadi calon pembeli mengharapkan respons yang cepat ketika mereka bertanya. Konsumen di Indonesia suka untuk membangun hubungan terlebih dahulu dengan penjual sebelum membeli produk

5. Penjual harus dengan cepat memperbarui stok produk.

Penjual harus cepat karena jika tidak maka calon pembeli akan mencari tempat lain yang menjual produk yang sama.

Bagikan artikel: