Tips Merapikan File dan Folder di Komputer

Tips Merapikan File dan Folder di Komputer
Diterbitkan: 03-10-2019 | Oleh: BLC Admin

Fungsi komputer pada dasarnya membantu meringankan tugas manusia. Banyak hal yang bisa dulur kerjakan melalui komputer. Dan tentu saja dulur membutuhkan tempat penyimpanan dalam komputer untuk menyimpan hasil tugas tugas.

Memori dalam komputer bila diperumpamakan seperti rumah, saat dulur akan mencari wajan maka yang dituju adalah dapur, jika mau mencari bantal maka yang dituju adalah kamar tidur. Bayangkan saja jika peletakan barang-barang dalam rumah dulur semrawut dan tidak tepat, maka dulur akan kesulitan mencari barang yang dibutuhkan.

Demikian juga dengan file-file dalam komputer dulur. Bila peletakan sembarangan maka dulur akan kesulitan mencarinya. Oleh karena itu file dan folder butuh dirapikan agar komputer sesuai dengan fungsinya yaitu meringankan tugas manusia. Simak tips berikut ini ya dulur:

1. Buatlah folder untuk mengelompokkan file-file yang sejenis

Dengan folder dulur bisa meletakkan file-file yang mempunyai kategori sama. Misalnya foto diletakkan dalam folder “Fotoku”, dokumen tugas diletakkan dalam folder “Tugas Kuliah”. Sehingga ketika dulur membutuhkan file tersebut mudah mendapatkannya.

2. Memberikan nama file dan folder singkat namun tepat

Penamaan folder tidak harus panjang, yang penting cukup mendiskripsikan isi di dalamnya. Selain itu, penamaan dengan huruf kapital di awal kata akan menjadikan folder tampak lebih rapi.

3. Menghapus file duplikat

Terkadang dulur lupa telah mempunyai file dari hasil donwload lalu kemudian mendownload lagi, sehingga terdapat file duplikat. Hapuslah file duplikat tersebut agar tidak boros memori penyimpanan.  

4 Jangan menunda menyimpan file di tempat yang seharusnya

Kebanyakan orang menunda untuk segera menyimpan filenya di tempat yang seharusnya, malah sering mengatakan “nanti saja dirapikannya, simpan disini aja dulu biar cepat”. Alhasil, dulur bisa lupa dan file pun berserakan. Prioritaskanlah kerapian dan keteraturan penyimpanan file sebelum menyimpan file karena jika dulur terus menunda-nunda dan file yang berserakan sudah menumpuk maka kemalasan pun melanda dan terus begitu.

 

Semoga bermanfaat ya, Dulur!

Kategori:
Tips dan trik
Bagikan artikel: