Panduan Membuat Poster Berkualitas

Panduan Membuat Poster Berkualitas
Diterbitkan: 20-08-2018 | Oleh: BLC Admin

Poster merupakan salah satu media publikasi yang tediri dari tulisan, gambar, ataupun kombinasi keduanya. Dibuatnya sebuah poster tentu bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Secara umum tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi agar masyarakat bisa membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil, mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat, dan lain sebagainya.

Agar poster yang kita buat berkualitas, ada 7 hal penting yang harus diperhatikan

Ukuran dan Orientasi. Umumnya poster dibuat dalam ukuran kertas A3 yakni tinggi x lebar 80 cm x 60 cm dengan orientasi kertas portrait (memanjang ke bawah)

Tidak lebih dari 2 jenis font. Untuk menghindari kebingungan pembaca, maka sebaiknya poster didesain dengan menggunakan maksimal dua jenis font.

Terbaca dalam jarak 2 meter. Gunakan ukuran huruf antara 12 hingga 14 untuk isi poster yang berupa deskripsi, untuk judul utama gunakan ukuran huruf antara 72 hingga 75 sehingga poster dapat terbaca dengan baik.

250 kata. Media poster memang sebaiknya tidak memuat terlampau banyak kata-kata deskripsi. Hendaknya poster dibuat dengan maksimal 250 kata sehingga pembaca dapat langsung mengerti isi poster tanpa terlalu lama membaca.

Huruf capital dan huruf kecil. Gunakan tipe huruf capital untuk judul poster, sedangkan untuk isi poster bisa menggunakan huruf biasa.

Ilustrasi yang mendukung. Isi poster dapat diganti atau dipadukan dengan gambar ilustrasi yang mendukung dengan ukuran yang besar.

Sematkan logo instansi. Penyematan logo instansi dalam poster berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca dari siapa informasi tersebut dibuat sehingga menghindari ketidakpercayaan pembaca.

Kategori:
Bagikan artikel: