Kiat-kiat Menjadi Desainer Grafis Freelance

Kiat-kiat Menjadi Desainer Grafis Freelance
Diterbitkan: 08-02-2019 | Oleh: BLC Admin

Salah satu jenis pekerjaan yang berpotensi untuk dijalankan secara freelance adalah desainer grafis. Kamu bisa mengerjakan di kamar rumahmu atau di kafe favoritmu dengan ditemani secangkir kopi yang nikmat.

Hampir semua perusahaan membutuhkan jasa desainer untuk keperluan advertising. Apalagi di era digital sekarang ini tidak hanya perusahaan besar, bahkan perorangan dan komunitas juga sangat membutuhkan desain grafis yang menarik untuk dipasang pada akun-akun media sosial mereka demi eksistensi di ranah digital. Ibu-ibu di rumah pun tak mustahil bisa berperan serta dalam kemajuan teknologi ini. Asalkan mempunyai keterampilan dan komputer di rumah.

Agar bisnis freelance kamu berhasil, wajib untuk memperhatikan poin-poin di bawah ini:

Tentukan tarif

Jika kamu niat berbisnis maka jangan sampai mengabaikan tarifnya. Sebenarnya tidak ada rumus atau aturan baku mengenai tarif desain, jadi kamu sendirilah yang menentukan berdasarkan rasa percaya dirimu seberapa layakkah harga yang pantas disematkan pada karyamu. Sebaiknya kamu mulai dari harga yang tidak terlalu mahal untuk mengawali bisnis ini, tetapi jika nanti kamu sudah mempunyai portofolio dan testimoni yang berarti dari para klien baru kemudian mulailah untuk menaikkan harga sedikit demi sedikit. Dan jangan lupa melakukan survey harga jasa desainer diluar sana agar tarif yang kamu tawarkan bisa bersaing.

 

Disiplin

Kedisiplinan merupakan kunci kesuksesan setiap usaha. Meskipun kamu bekerja freelance tanpa terikat aturan perusahaan dan pimpinan, kamu harus tetap disiplin dalam menjalankan bisnis ini agar kesuksesan menghampirimu. Kamu harus disiplin dalam waktu, jam berapa kamu harus mengerjakan projek desain, kapan kamu harus upgrade ilmu lagi agar desain kamu juga sesuai zaman. Terkadang karena tidak adanya aturan jam kerja layaknya bekerja di perusahaan kamu sering mengabaikan waktu yang terlalu fleksibel itu. Maka mendisiplinkan diri sendiri sangatlah penting agar projek desainmu selesai dengan efektif dan efisien.

 

Promosikan Karyamu

Ada banyak cara untuk memasarkan jasamu, salah satunya adalah melalui media sosial  atau melalui website website yang membantu freelancer mendapatkan projek. Di Indonesia sendiri ada sribu.comsribulancerproject.co.idfreelancer.co.id kalau di luar ada 99design.comelance.comupwork.comfreelancer.com, dan banyak lagi.

 

Menjalin Kerjasama yang Baik

Kamu juga harus aktif menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang membutuhkan desain grafis. Semakin banyak kenalan semakin banyak pesanan. Hubungan yang baik juga akan menyebabkan mereka repeat order ke kamu. Sesekali jemput bola saat melihat peluang, misalnya ketika akan ada event di sekitarmu maka segera tawarkan jasamu untuk membuat pamphlet, brosur, banner, dan sebagainya serta berikan diskon tarif untuk mendongkrak bisnismu.

 

Yang terakhir yang harus kamu ingat bahwa posisikan dirimu sebagai konsultan desain, bukan kuli gambar. Sehingga tidak semua permintaan klien bisa kamu ikuti. Tetapi kamu juga harus bisa mengarahkan bagaimana sebaiknya desain tersebut terbentuk. Anggaplah kamu adalah jembatan antara klien anda dengan target audiencenya. Karena bisa jadi seorang klien kurang mengerti konsep pemasaran. Misalnya seorang klien ingin membuat poster untuk acara anak-anak dan klien ingin warna yang solid dan dua warna, tentu kurang menarik bagi anak-anak bukan? Maka kamu harus bisa mengarahkan klien bagaimana warna desain yang menarik untuk anak-anak. Dari situ kamu akan mempunyai nilai lebih sebagai konsultan desain bukan sekedar kuli gambar. 

Kategori:
Bagikan artikel: