Fakta Menarik Dibalik Logo Terkenal Dunia

Fakta Menarik Dibalik Logo Terkenal Dunia
Diterbitkan: 03-04-2020 | Oleh: BLC Admin

Hampir setiap hari kita bisa melihat logo terpampang dimana-mana. Dari logo merek, perusahaan, atau suatu organisasi. Bagi suatu perusahaan atau merek produk, logo merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting dan dapat mempengaruhi berbagai aspek, seperti ketertarikan konsumen, marketing, dan citra perusahaan atau merek produknya.

Dari beberapa logo terkenal dunia, apakah Dulur sudah tahu fakta menarik dibalik logo-logo tersebut? Simak ulasan fakta menarik dibalik logo terkenal dunia berikut ini yang dikutip dari brightside.me

1. Apple

Konon kabarnya logo Apple didedikasikan untuk Alan Turing, yang mengakhiri hidupnya dengan menggigit apel beracun. Faktanya, justru jauh lebih sederhana. Perancang Rob Janoff mengatakan bahwa dia membuat apel yang digigit itu untuk menunjukkan dimensinya karena keseluruhan apel dapat dengan mudah dibingungkan dengan buah bulat lainnya.

2. Wikipedia

Tidak mengherankan jika lambang ensiklopedia di seluruh dunia adalah Bumi. Bentuknya yang berupa potongan teka-teki itu merupakan simbol multilingualisme. Karena itulah masing-masing diberi label huruf dengan bahasa yang berbeda.

Jika digabungkan maka akan menciptakan kata wikipedia. Sedangkan untuk potongan yang hilang menunjukkan bahwa ensiklopedia terbesar di dunia itu belum selesai dan masih terus diperbarui.

3. Android

Logo sistem operasi ini dirancang oleh Perancang grafis Irina Blok dan timnya diberi tugas oleh Google untuk menciptakan logo berupa robot dan harus mudah dikenali. Lucunya, inspirasi datang justru dari gambar yang biasa kita lihat di pintu kamar mandi umum.

4. McDonald’s

Psikolog senior Louis Cheskin yang disewa McDonald's pada tahun 1962 menyarankan untuk mengganti logo Speedee the Cook dengan lengkungan emas yang membentuk M. Menurutnya bentuk seperti itu menyerupai payudara wanita, yang secara tidak sadar membangkitkan nafsu makan dan mengingatkan orang akan masa kecilnya yang bahagia. Perlu dicatat, Cheskin tidak menciptakan lengkungan ini sendiri, dan logo tersebut sudah ada di restoran sejak tahun 1950an.

5. BMW

Banyak yang bilang bahwa logo BMW melambangkan baling-baling pesawat, dan bahkan beberapa karyawan perusahaan juga berpendapat demikian.faktanya, warna biru dan putih dipilih untuk mewakili warna negara bagian Bavaria.

6. Pinterest

Sekilas, logo Pinterest memang terlihat sederhana karena seperti huruf P. Namun jika Anda melihat dari dekat huruf pertama tersebut, Anda akan melihat bahwa itu menyerupai pin yang biasa digunakan untuk menjepit kertas atau foto di dinding. Pinterest secara harfiah 'memotret' gambar ke dinding, namun secara digital.

7. Nike

Salah satu logo yang paling dikenal di dunia ini sebenarnya adalah salah satu yang termurah. Harganya hanya US$35. Begitulah ketika Phil Knight, pemilik Nike, membayar Carolyn Davidson untuk pekerjaannya membuat logo itu pada tahun 1971.

Pada awalnya Knight bahkan tidak puas dengan hasilnya. Dia ternyata salah. Lambang tersebut menjadi sangat sukses, dan tidak mengherankan jika hal itu sangat sering dikaitkan dengan sayap Nike, dewi kemenangan dalam mitologi Yunan.

8. Starbucks

Logo  Starbucks sebenarnya adalah seekor putri duyung yang memegangi dua ekornya. Lambang ini terinspirasi oleh mitosMelusine, makhluk setengah wanita setengah ikan dengan 2 ekor yang menikahi manusia.

Pada tahun 1971, gambar penuh dari putri duyung tersebut dapat dilihat di cangkir kopiStarbucks. Namun kemudian disensor karena memperlihatkan bagian tubuh sensitif seorang wanita.

Kategori:
Desain
Bagikan artikel: